Sabtu, 20 Oktober 2012

Penambah Napsu Makan Ikan Lele

Penambah Napsu Makan Ikan Lele

Penambah Napsu Makan Ikan Lele - Temulawak, Apa itu temulawak ? untuk daeraha jawa memang pade menyebutnya Temulawak, tapi bila disunda maka namanya yaitu koneng gede, lainlagi dengan di daerah Madura yang menyebutnya temulabak.
Bagian yang sering dimanfaatkan dari temulawak ini adalah rimpangnnya yang suka dijadikan sebagai jamu tradisional godog, Temulawak memiliki kandungan 48-59,64 % zat tepung, dan juga mengandung 1,6-2,2 % kurkumin serta mengandung 1,48-1,63 % minyak asiri, temulawak juga dipercaya bisa meningkatkan kerja fungsi ginjal juga anti inflamasi selain itu masih banyak lagi manfaat lainnya yang terkandung pada temulawak ini. (Wikipedia : Temulawak)


Selain bermanfaat buat manusia ternyata temulawak ini sangat bagus untuk menambah napsu makan pada ikan lele yang kita budidayakan, nah bagi rekan-rekan budidaya yang ikan lelenya kurang napsu makan boleh juga mencoba herbal alami penambah napsumakan dari bahan temulawak ini.

Kita langsung saja kecara pembuatan serta cara mengaflikasikannya dan bahan-bahan yang perlu kita sediakan adalah sebagai berikut :

1. Sediakan temulawak sebanyak 0,2 Kg (2 ons)

Penambah napsu makan ikan
Temulawak

2. Sediakan Air hangat secukupnya atau sekitar 1/4 liter
Air hangat
Air Hangat

3. Saringan dan parutan


Untuk cara pembuatan penambah napsu makan ikan lele dari bahan temulawak ini yaitu :
1. Temulawak yang tadi sudah kita persiapkan kita parut halus
2. Kita seduh temulawak yang tadi kita parut dengan air hangat
3. Setelah tercampur rata lalu kita peras temulawak tadi dengan menggunakan saringan

Untuk cara mengaflikasikannya yaitu dengan cara mencampurkan air perasan tadi kepakan pelet yang akan kita berikan pada ikan lele, usahakan setelah dibibiskan atau di campurkan dengan pakan pelet untuk mendiamkannya terlebih dahulu selama 5-10 menit agar sari temulawak meresap.

Itulah salah satu tanaman herbal temulawak yang dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan ikan lele. Trimakasih


Sumber : Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar