Sabtu, 20 Oktober 2012

Penyakit Lele agar Tidak Menular

 Terkadang ikan lele yang kita budidaya suka terserang penyakit yang sangat berbahaya yang dapat menyebabkan penyakitna menular, hal itu bisa disebabkan karena penangan air yang kurang baik atu juga bissa disebabkan faktor-faktor lain, dibawah ini saya tuliskan 10 cara untuk menghindarkan lele dari penularan penyakit.

Penyakit Lele
Penyakit Lele
Untuk menghindari terjadinya penularan penyakit, maka hendaknya memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Segera untuk memindahkan bilamana ada ikan lele yang menunjukan gejala terserang penyakit dan segera obati secara terpisah dari lele lainnya.
  2. Bila ada ikan lele yang sudah terlihat cukup parah dianjurkan segera dimusnahkan saja karena walaupun diobati dan dapat sembuh lele tersebut tidak akan normal pertumbuhannya.
  3. Awas jangan pernah melakukan pembuangan air limbah (bekas) lele yang terserang penyakit ke saluran air yang ada ikannya.
  4. Bila menggunakan kolam tanah dan terserang penyakit maka segeralah keringkan kolam, segera beri pengapuran. Untuk proses pengapuran rekan budidaya lele bisa menggunakan dosis 1kg untuk 1 meter/segi, usahakan menebar kapur sampai rata semua di dasar kolam, jangan di isi dulu air sampai tanah benar-benar kering dan retak-retak.
  5. Padat tebar di kolam yang terserang penyakit usahakan untuk dikurangi dari biasanya.
  6. Bila mau menggunakan peralatan seperti serok ataupun wadah maka usahakan untuk mencelupkannya terlebih dahulu kedalam larutan PK atau larutan kaporit, ini dimaksudkan agar peralatan yang kitagunakan tidak terkontaminasi alias sucihama.
  7. Bila kita habis memegang ikan lele yang terserang penyakit, usahakan untuk mencuci tangan kita dengan larutan PK
  8. Jangan lupa untuk dibiasakan membersihkan lumpur yang ada pada dasar kolam serta sisa-sisa bahan organik lainnya.
  9. Aturlah agar kolam selalu mendapatkan pasokan air baru yg bersih dari penyakit.
  10. Dan yang terpenting adalah meningkatkan gizi pakan yang kita berikan serta tambahkan pula vitamin agar ikan mempunyai daya tahan tubuh yang baik.
Oke itulah 10 poin dasar agar ikan lele yang kita budidayakan bila terserang penyakit tidak menular pada ikan lele lainnya. semoga tulisan ini bermanfaat, jangan lupa baca juga tentang 4 poin agar ikan lele tidak terserang penyakit dan tinggalkan komentarnya untuk menjadikan tulisan selanjutnya lebih baik lagi dan bermanfaat. trimakasih.

http://www.ogasfarm.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar